Jumat, 11 Maret 2016

Cara mengganti nama Domain Blogspot Ke Domain Berbayar (Pihak Ketiga)

Bagi anda yang mempunyai blog dengan domain yang masih mendompleng blogspot pasti pernah terlintas untuk mengganti dengan domain yang tidak memiliki embel embel blogspot bukan. Selain nama domain blog menjadi lebih mudah di ingat juga menjadikan blog kita tambah keren karena pakai domain sendiri. Nah, bagi anda yang ingin mengganti nama domain blogspot anda menjadi domain yang disediakan oleh pihak ketiga dengan ujung domain .com .co.id atau pun .id  Saya akan menuliskan langkah langkah prosesnya kepada anda. 

Pertama kita harus menyiapkan :
1. Uang 110 ribu.
2. Penyedia Domain Web Hosting yang sudah anda tentukan (dalam artikel ini penulis menggunakan IDwebhost)
3. Akses Intenet yang mumpuni
4. Kesabaran

Menyewa Domain Pada IDwebhost.com

Setelah uang anda siapkan maka kita tentukan web hostingnya. Jika anda mengikuti saran penulis maka anda bisa masuk ke alamat idwebhost.com maka akan nampak halaman interface seperti berikut.
Kemudian silahkan tuliskan nama domain yang sudah anda persiapkan anda bisa memilih ekstensi yang anda inginkan seperti .com atau .co.id namum jika anda memilih selain .com maka anda juga harus menyiapkan juga Kartu tanda Penduduk dan SIUP sebagai tambahan data yang harus di inputkan.

Setelah nama domain yang ingin anda beli sudah dituliskan pastikan nama domain tersebut masih tersedia atau belum dimiliki oleh orang lain. Caranya dengan mengklik periksa ketersediaan. Setelah benar benar tersedia selanjutnya klik Order Sekarang.


Maka akan muncul jendela konfigurasi Domain. 

Anda bisa langsung klik Lanjutkan. Bila anda mencentrang Proteksi ID maka anda akan dikenakan tambahan biaya 50 ribu maka dari itu biarkan aja.

Kemudian pilih selesaikan pembayaran. maka anda akan dialihkan pada form pengisian data diri. Mohon diisi secara benar dan lengkap.

Setelah itu anda akan menerima faktur pembelian doamain anda yang ditagihkan kepada anda. Silahkan cek email anda biasanya anda akan dikirim email bagaimana anda harus membayar tagihan tersebut. Disitu juga terdapat berbagai macam rekening bang diamana anda bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan bank anda agar tidak dikenakan biaya transfer.

Setelah melakukan melakukan pembayaran selanjutnya anda harus melakukan konfirmasi. Melakukan konfirmasi lewat live Chat adalah cara yang termudah. Setelah anda melakukan konfirmasi biasanya paling lama 10 menit maka domain yang anda inginkan telah aktif. Bila anda masuk area klien maka akan terdapat angka satu pada domain aktif.



Mengaalihkan Domain Ke Domain Berbayar

Nah disini saya menganggap anda telah melakukan pembayaran dengan benar dan konfirmasi, sehingga domain anda sudah aktif.

Anda bisa ke kolom domain dan klik kelola domain.

Kemudian akan tampil pada kolom menu menu. Pilih Alat Pengelolaan pada menu yang tampil pilih Kelola DNS.

Pada halaman kelola DNS yang tampil, kita akan disuruh menginputkan beberapa informasi. Oleh karena itu kita perlu kembali ke halaman administrator blogger.com untuk mengambil informasi tersebut. Namun kit ajuga jangan menutup jendela Kelola DNS tersebut.

Pada halaman blogger.com kita pergi ke Setting >> Basic kemudian pada pkolom publishing klik +Setup a 3rd party URL for your blog. kemudian masukkan nama domain yang sudah anda beli tadi. 
Stelah anda tuliskan maka akan terjadi eror 13 atau error 14. Jangan khawatir itu hal yang lumrah karena kita belum menginpukan informasi dengan benar.
Maka kita perlu kembali ke Tab Kelola DNS pada domain kita. Kita perlu memasukkan beberapa IP address agar domain kita bisa terhubung ke blogger. 
Masukkan satu persatu alamat tujuan IPV4 : Nama Host di isi karakter @, Jenis Records pilih A(address), Alamat masukkan 216.239.32.21 lalu klik Simpan Perubahan. Kemudian lakukan hal sama dengan kolom IP berikut:

216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

setelah semua di inputkan kita kembali ke kolom blogger yang error tadi disitu kita perlu mengcopy CName untuk dimasukkan pada kolom DNS. Copy dan psatekan pda kolom DNS, dengan jenis record CNAME. JIka sudah seperti dibawah ini maka klik Simpan Perubahan.


Jika sudah, maka kembali ke blogger dan masukkan almat Domain anda seperti tadi kemudian tekan Save. Jika msaih error maka anda harus bersabar anda harus menunggu paling tidak satu atau dua jam, atau paling lama 2x24jam. 

Jika berhasil maka kolom publishing kan menjadi seperti berikut.
Alamat yang semula berdomain blogspot akan dialihkan ke alamat domain pihak ketiga sesuai dengan keinginan anda. 

Cukup mudah sebenarnya jika anda mempraktekkannya. Akan terlihat ribet jika anda cuma membacanya, jadi tunggu apalagi..




0 komentar:

Posting Komentar