Minggu, 17 April 2016

Cara Memberikan Komentar Pada PHP


Komentar berfungsiuntuk memberikaninformasi kepada orang yang membaca kode program yang teh kita buat. Tetapi baris baris komntar tersebut tidak akan terbaca atau akan di abaikan oleh PHP ( tidak ikut di exekusi atau terkompilasi sebagai kode program ).

Contoh :

// 0 = Lajang, 1 = Menikah, 2 = Duda, 3 = Janda
$status = 0;

PHP sendiri menyediakan beberapa cara untuk memasukkan komentar ke dalam baris kode program, yang semuanya di adopsi dari bahasa yang telah ada sebelumnya seperti bahasa C / C++.

Contoh Komentar Gaya Bahasa C
Jenis komentar dengan menggunakan bahasa C iniberlaku untuk komentar yang jumlahnya lebih dari satu baris. Kode yang digunakan untuk menandakan bahwa kode ini merupakan sebuah komentaradalah dengan /* ditutup dengan */ . PHP juga memberlakukan jenis komentar sareperti ini.

Contoh: 

/* Ini adalah contoh komentar yang dibuat menggunakan kode gaya bahasa C */


Contoh Komentar Gaya Bahasa C++
Berbeda dengan jenis komentar sebelumnya, jenis komentar ini dibuat dengan menggunakan double slash ( // ) dan hanya berlaku untuk memberikan komentar dalam satu baris.

Contoh:

// ini adalah komentar PHP yang di adopsi dari bahasa C++


Contoh Komentar Gaya Unix Shell
Terlepas dari apa alasannya , jenis komentar ini jarang sekali digunakan oleh para programer PHP. komentar dalam gaya ini di buat dengan membubbuhkan tanda # di depannya.

Contoh:

###########################################
# Ini adalah komentar gaya Unix Shell
###########################################

Contoh komentar di dalam sebuar kode php


Keterangan
Anda bisa membuktikan sendiri dengan membuat kode tersebut dan menjalankannya di localhost. meskipun echo dalam kode PHP merupakan sebuah perintah tetapi karena di dalam baris ke1, ke3, dan ke4. tidak akan di tampilkan. karena didepannya terdapat kode yang menyatakan itu adalah sebuah komentar, jadi tidak akan di exekusi. Pada baris ke1 komentar dibuat dengan menggunakan tada //, pada baris ke3 komentar dibuat dengan menggunakan tanda /* dan */, sedangkan baris ke4 komentar dibuat menggunakan tanda #.
Itu semua adlah cara cara programer PHP memberikan komentar atau penjelasan mengenai sintak kodeprogram yang mereka buatnya. Agar oang lain jika membaca kode tersebut memahami konteksnya dengan membaca komentar yang diselipkan pada kode PHP tersebut.
Semoga bermanfaat, jangan lupa komen dan share disertai link web ini ya.

0 komentar:

Posting Komentar